MERAWAT PS3 DENGAN BAIK DAN BENAR

Cara Merawat PS3 Dengan Baik

Cara merawat Konsol PS3 Dengan Baik


Haiii sob... hari ini saya membuat artikel tips/playstation di sebuah judul "cara merawat konsol PS3 dengan baik"
Yup dengan ragu-ragu saya mau bikin artikel apaan yang bermanfaat hehe, jadi mending saya bikin artikel dengan inspirasi yang ada dirumah saya dan semoga bermanfaat yang saya ketik ini. Oke sob langsung saja cekidot cara merawat konsol PlayStaion 3



1. Cek suhu/temperatur
Sebelumnya dalam buku manual PS3 pun sudah tercantum tertulis sangat jelas bahwa konsol PS3 harus berada pada suhu 5°C sampai 35°C. Jadi usaha kan konsol PS3 anda berada pada tempat sesuai dengan suhu tersebut.
Lalu..,
- Jangan letakkan terlalu dekat PS3 anda dengan dibelakang dinding, sedikit jauhkan saja belakang PS3 anda ke dinding karena itu sumber arus pengeluaran suhu kipas yang berada pada di belakang PS3
- Jika PS3 anda berada pada ruang tertutup sebaiknya anda memberi ruang pada konsol PS3 anda, tempatkan ruang PS3 paling tidak 4-6cm dari dinding.
- Jika perlu letakkan termometer di dinding dibelakang PS3 anda agar mengetahui atau mencegah suhu temperatur yang terlalu tinggi.

2. PS3 Overheating atau terlalu kepanasan
Ketika PS3 anda mengalami overheating atau kepanasan maka lampu indikator PS3 akan berkedip tiga kali dan PS3 akan langsung mati dengan sendiri nya, jika anda mengalami hal itu sebaiknya anda jangan cepat terburu-buru panik, cepat lah konsol PS3 anda ditempatkan di tempat berangin dan angin tetap ada sampai PS3 anda hilang panas keseluruhannya. Perlu hindari PS3 anda pada tempat yang beruap tinggi.
Beberapa faktor penyebab YLOD :
1. Thermal paste yang mengering
2. Suhu ruangan
3. Sirkulasi udara yang kurang bagus
4. System hot
5. Debu yang menumpuk di dalam mesin.
Dan untuk mencegah terkena YLOD.
1. Pastikan sewaktu PS3 sedang dihidupkan kalian letakkan ditempat yang terbuka,biar sirkulasi udara yang masuk dan keluar menjadi lancar, jangan di dalam lemari / meja TV (ini berlaku untuk yang sudah pernah maupun yang belum pernah kena YLOD).
2. Untuk lebih bagus lagi di beri kipas tambahan , sobat bisa cari di toko-toko Plasystation. Kipas biasa juga tidak masalah, yang penting bisa membuat Mesin dingin dan tidak cepat panas.
3. Jika kecepatan kipas sudah mencapai tingkat ke-5 (yang artinya mesin sudah terlalu panas dengan suara kipas yang sangat bising) maka lebih baik mesin di matikan. Sebelum mesin autoshutdown.
4. Sebaiknya untuk hardisk internal jangan menggunakan merk MAXTOR dan WD. Karena kedua merk itu bekerja dengan suhu yang panas.
5. Letakkan secara Vertikal karena jika secara horizontal maka Posisi IC RSX / CPU menggantung dan menahan beban IHS ( cangkang ) IC RSX / CPU. (khusunya utk yg FAT) Sehingga dapat memperbesar kemungkinan YLOD
Tambahan : kalau kalian punya AC ya santai aja, kalau dikamar gak punya AC mending saat ps3 udah selesai dimainin taruh di lantai biar cepet dingin (jangan direndem di air ya sob)
Tambahan : Ada beberapa game yang memaksa PS3 untuk bekerja lebih ekstra ( yang membuat Mesin cepat panas ). Seperti game Heavy Rain ,Final Fantasy, Grand Theft Auto 5 karena Game tersebut mempunyai grafis yang tinggi. Masih banyak lagi game seperti itu yang biasanya disebut Game pembunuh, ( sekedar memberi tahu, saya gak ngelarang kalian main kok)

3. Pembersihan
Bersihkan konsol PS3 anda minimal satu kali dalam seminggu
- Jika anda membersihkan PS3 anda maka sebaiknya jangan menggunakan spray untuk bagian dalam maupun luar, bahaya.
- Gunakan lah kain Microfibre untuk membersihkan PS3 (terutama untuk bagian atas), karena lapisan luar konsol PS3 mudah terkena lecet atau baret ketika di bersihkan, maka gunakan lah kain Microfibre untuk mecegah hal tersebut.
INGAT JANGAN PERNAH menggunakan handuk atau lap apa saja untuk membersihkan bagian luar PS3, termasuk apapun seperti handuk mandi, handuk keringat, lap makan dan lain-lain.

4. Sebaiknya mematikan atau shut-down PS3 dengan Stik controller.
Sepertinya kebanyakan orang-orang mematikan PS3 dengan menggunakan tombol on/off yang ada di konsol PS3 termasuk yang pernah saya lihat waktu itu di rental ps menggunakan tombol yang ada di PS3,  tetapi hal itu sebaiknya anda rubah cara itu dengan cara mematikan/shut down dengan menggunakan contoreller stik.
- Cara terbaik untuk mematikan konsol PS3 adalah dengan cara melalu remote controller stik, dengan cara menahan tombol tengah pada stik lalu pilih shut down dan klik yes.

Awal ps3 terkena ylod, gambar rusak awalnya dari ps3 kepanasan / suka memainkan game berat..

ba ingat ba ingat main tu...

Saran : Jangan sesekali mematikan atau  menekan tombol indikator saat lampu indikator hijau masih hidup.

Komentar

Postingan Populer